Kamis, 21 Januari 2010

Model SSCS

Strategi Problem Soving dengan Model Pembelajaran SSCS

Dalam strategi problem solving ini, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model SSCS (search, solve, create dan share) yang dikembanglam oleh Pizzini, Abel dan Shepardson (1988), Pizzini dan Shepardson (1990), serta Awang dan Ramli (2008). Model ini mengacu kepada empat langkah penyelesaian masalah yang urutannya dimulai pada menyelidiki masalah, merencanakan pemecahan masalah, mengkonstruksi pemecahan masalah, dan yang terakhir adalah mengkomunikasikan penyelesaian yang diperolehnya.

1. Search

Pizzini, Abel dan Shepardson (1988) mengatakan bawah fase Search meliputi kegiatan penyelidikan awal tentang suatu masalah yang diberikan kepada mereka. Selama fase pencarian ini, siswa dapat meletakkan ide-ide mereka dalam sebuah daftar apa yang diketahui dan apa yangditanyakan sebagai hasil dari penyelidikan mereka secara mendalam terhadap masalah yang ada. Siswa juga dapat mempersempit daftar dan memilih satu pada dua pertanyaan guna penyelidikan lebih lanjut.

Sejalan dengan pendapat Pizzini, Abel dan Shepardson sebelumnya, Awang dan Ramly, (2008) mengatakan bahwa fase Search dalam model pembelajaran ini menyangkut hal-hal seperti: memahami soal atau kondisi yang diberikan kepada siswa, yang meliputi apa yang diketahui, apa yang tidak diketahui, apa yang ditanyakan atau apa kira-kira soal yang akan dibuat dari kondisi yang ada. Pada fase ini, siswa melakukan observasi dan investigasi terhadap kondisi tersebut, membuat pertanyaan-pertanyaan kecil, serta menganalisis informasi yang ada sehingga terbentuk sekumpulan ide.

2. Solve

Pada fase solve ini, siswa menghasilkan dan melaksanakan rencana untuk mencari solusi dari soal yang ada atau membuat soal sendiri, mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan kreatif, membentuk hipotesis yang dalam hal ini berupa dugaan jawaban, memilih metode untuk memecahkan masalah, mengumpulkan data dan menganalisis, serta menyelesaikannya.

3. Create

Pada fase ini, siswa menciptakan produk yang berupa solusi masalah berdasarkan dugaan yang telah dipilih pada fase sebelumnya. Pada tahap ini siswa menguji dugaan yang dibuat apakah benar atau salah. Di samping itu, siswa menampilkan hasil yang sekreatif mungkin dan jika perlu siswa dapat menggunakan grafik, poster atau model (Pizzini, Abel dan Shepardson, 1988).

4. Share

Fase ini merupakan fase terakhir dari model pembelajaran ini. Pada fase ini siswa berkomunikasi dengan guru dan teman sekelompok atas temuan, solusi atau kesimpulan yang mereka peroleh. Siswa dapat menggunakan media rekaman, video, poster, laporan, dan media lainnya (Pizzini, Abel dan Shepardson, 1988). Pada fase ini siswa dapat saling membagi ide, cara penyelesaian dan sebagainya, guna menambah pemahaman siswa sendiri.

Ditambahkan oleh Awang dan Ramly (2008), bahwa pada fase ini siswa mengartikulasikan pemikiran mereka, menerima umpan balik dan mengevaluasi solusi. Dengan adanya diskusi ini, siswa akan menguji hasil temuan serta mengembangkan argumennya dalam membuktikan suatu pernyataan. Pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah anda selalu bekerja seperti ini?, Adakah cara lain untuk membuktikannya?, Apakah anda sudah puas dengan pekerjaan anda ini?,dan sebagainya akan timbul pada fase ini

12 komentar:

  1. makasih pak infonya...
    kebetulan saya ngambil penelitian SSCS.
    ehm... boleh tau buku karya awang dan ramly?
    ato buku karya pizzini nyarinya dimana?
    minta tlong juga kirimkan judul bukunya via emai ato facebook ya pak.
    makasih
    sira_azka@yahoo.com

    BalasHapus
  2. terima kasih Pak, atas infonya. Pak, sebagai tambahan referensi dalam penyusunan penelitian saya, kalau boleh tahu buku karya awang dan ramly judulnya apa? Saya juga bingung mencari buku pizzini dimana.
    Mohon bantuannya, terima kasih.
    p3_ya@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. makasih pak infonya...
    kebetulan saya ngambil penelitian SSCS.
    ehm... boleh tau buku karya awang dan ramly?
    ato buku karya pizzini nyarinya dimana?
    minta tlong juga kirimkan judul bukunya via facebook. atifah_nafizah@yahoo.com
    Pak, sebagai tambahan referensi dalam penyusunan penelitian saya, kalau boleh tahu buku karya awang dan ramly judulnya apa? Saya juga bingung mencari buku pizzini dimana.
    Mohon bantuannya, terima kasih.

    BalasHapus
  4. Awang, H. dan Ramli, I. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Social Sciences 3;1 tersedia www.waset.org Winter 2008

    BalasHapus
  5. Hubungi saya (Irwan) di irwan_math@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. makasih pak atas informnasinya....
    kebetulan saya mengambil penelitian SSCS
    pak bisa tolong kirimin nama buku dan pengarangnya.
    bisa dikirim ke wilda_pitriani@yahoo.com
    makasih sebelumnya pak....

    BalasHapus
  7. makasih pak atasinformasinya, kebetulan saya mengambil skripsi mengenai model pembelajaran sscs. pak mohon infonya judul buku dan penerbit buku karya awang dan ramli sama pizzini??? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Awang dan Ramli bukan sebuah buku melaikan sebuah karya tulis ilmiah, tersedia di scholar.goggle.com yang ada.
    Saat ini belum ada buku yang membahas khusus terkait dengan SSCS. Sebaiknya gunakan referensi jurnal / skripsi / thesis yang ada.

    Salam
    Toko Buku Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mas. Kalau skrg model sscs sudah ada buku nya blm ya?

      Hapus
  9. Izin,buku karangan pizzini masih ada gak pak kalau ada saya ingin beli
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Siang pak. Saya juga sedang mencari referensi tentang model SSCS ini...
    Boleh tau judul buku / jurnal / lainnya?

    terima kasih

    BalasHapus